Jumat, 03 April 2009

Kekenyangan dan Kelaparan

Kalau kata teori Riset Operasi, Hidup itu semacam unstable zero-sum game di lingkungan uncertainty. Disebut game karena tiap keputusan yang kita ambil akan mempengaruhi outcome di masa depan, keputusan kita bersifat aktif, dan tergantung faktor-faktor lain seperti pesaing/lawan. Uncertainty karena informasi yang kita tau tu ga lengkap, sepotong-sepotong, dikiiiit banget. Unstable karena untuk mencari alternatif terbaik dari beberapa pilihan, kita ngga bisa cuma make satu strategi aja. Butuh mixed strategy buat mengambil keputusan terbaik. Dan disebut zero-sum karena ga bisa kita hidup ini serba positif dan untung. Pada akhirnya jumlahnya nol, karena ada sedih-seneng, sakit-sehat, ketawa-nangis, nilai jelek-nilai bagus, gagal-sukses dan lain-lainnya.

Keuntungan di satu pihak merupakan kerugian di pihak lain, inti zero-sum game. Kita gak bisa dapet semua yang kita mau, karena massa bumi aja mendekati tetap sepanjang waktu. Kalau ada pulau satu yang tenggelam, ada pulau lain di seberang sana yang muncul perlahan-lahan.
Kadang kita sukses di bidang pekerjaan tapi trus harus mengorbankan waktu buat keluarga dan temen-temen. Kadang kita punya hubungan asmara yang sempurna, menikah, punya anak, tapi ga sanggup ngejar IP tinggi kayak temen-temen yang masih single. Kadang kita sukses di semuanya tapi belum berjodoh dengan seseorang itu.

Untungnya, Tuhan itu Maha Baik. Menggariskan takdir yang 'cuma' sedikit, lahir, mati, dan jodoh. Sedang sisanya --which is buanyaaaaak-- 'cuma' diatur aja, dibimbing, diberi peta, finalisasinya harus diusahain sendiri. Si zero-sum game tadi juga peringatan juga buat kita, bahwa kekurangan orang laen itu ga perlu dijadiin bahan gosip yang egois karena cuma buat kesenengan dirinya sendiri. Karena semakin kita seneng karena ngegosipin orang artinya bakal ada sedih yang kita rasain sebagai dampaknya, bagi orang yang digosipin, tenang aja, kalo sampe ada perasaan sedih banget diomongin orang, jangan sediiiiih, tiap tetesan air mata itu -katanya- akan dibalas dengan kebahagian di waktu yang ga pernah diduga. Sounds Cliche but everybody live cliche life everyday ;)

--Yak inilah hasil kuliah di fakultas ekonomi selama empat semester ini. Betapa mengagumkan! Hahaha. Bukannya menganalisis dampak ekonomi global atau ngitung inflasi, malah ngebahas filsafat,,...impressive!--

2 komentar:

Nadiah Alwi mengatakan...

Impressive, contemplative and informative...

Paling suka bagian yang ini:
Kita gak bisa dapet semua yang kita mau...

Bener banget :D

'IcHa' mengatakan...

makasi mba...:D