Selasa, 29 September 2009

Tentang Lebaran


Lebaran itu:
  1. Mamah yang teriak-teriak bangunin aku yang lagi menikmati tidur tanpa bangun sahur;
  2. Papah yang udah di mobil sambil nge-gas biar aku sama mamah yang lagi dandan cepetan keluar rumah;
  3. Ke rumah Ibu Bapak (eyangku), sungkeman sekeluarga besar, mulai anak tertua sampai anak terkecil trus cucu tertua sampe yang kecil;
  4. Makan nasi kuning, kari ayam, kering tempe, serundeng, dan lebaran kali ini ditambah bakso a la Budhe Wien a.k.a Mamah;
  5. Update cerita-cerita dari om dan tante yang udah lamaaaaa gak ketemu, sambil becanda-becanda, nonton TV dan makan kue-kue lebaran;
  6. Konvoi ke rumah mbah buyut yang udah tuaaaaa banget, tapi masih berusaha-keras mengingat nama anak-cucu-buyut-nya;
  7. Road-show ke rumah-rumah saudara dari keluarga Mamah yang biasanya selesai jam 9 malem;
  8. Nyalain kembang api dan segala macam petasan dengan mata kriyip-kriyip;
  9. Tidur di ruang tengah rame-rame kaya pas kemah Persami jaman SD dulu, desak-desakan, rebutan selimut, cekikikan sampe ga sadar ketiduran :D
Kenapa Lebaran di keluargaku absurd?
  1. Pas sungkeman, aku malah kursus singkat fotografi sama om ku yang salah satu redaktur di salah satu koran. Dia seneng banget aku punya kamera, dan 'berusaha' menjaga semangat newbie ku dengan selalu motret pake IMEL ketimbang ngeluarin kamera sapu jagad-nya, NIKON D300!
  2. Dapet sms dari damdam, ini adalah sms pertamanya di hari lebaran, cobaaa yaaaaa: "Pasti mama papa mu lagi nonton Chris John di RCTI??"
  3. Dan aku menjawab: " Mending cuma mama papaku, ini Bapak Ibu, om tante, semuaaaaa nonton Chris John!"
  4. Yak, tontonan hari pertama lebaran yang syahdu ini adalah kemenangan Chris John yang disambut gegap gempita. Aku? Hmm, imel lebih menarik daripada dua orang yang pukul-pukulaaannnn....
  5. Mbah Buyut ku itu umurnya mungkin udah 90 tahun, tahun ini beliau udah agak menurun kondisinya. Jadi untuk menghindari kepikunan, mbah melakukan terapi sederhana, yaitu menghafalkan nama anak-cucu-buyutnya SETIAP MALAM sebelum tidur. Misalnya: Anakku pertama bernama A, menikah dengan B, punya anak (cucuku) C, D, E. Si C menikah dengan F, punya anak (buyutku) G. Daaaaan seterusnya!
  6. Aku punya mantan pacar nih dulu pas SMA, dia adalah keponakan dari istrinya sepupu mamah. Jadi mamahku punya sepupu sebut aja om Agus,whakakaka, om agus ini nikah sama tantenya mantan pacarku. Herannya, tiap lebaran, aku dan si mantan gak pernah ketemu di rumah ibunya mas agus. Kalo gak aku yang dateng duluan, pasti dia dan keluarganya yang dateng duluan,,,, hihihihihi....
  7. Kalo lagi ngobrol, pasti yang dibahas tuh masa kecil tiap orang yang memalukan dan aneh. Lebaran tahun ini tema yang paling HOT adalah kebiasaan kalo mau tidur. Aku dulu, pas kecil, ga bisa tidur kalo ga pake selimut jelek dan kumel, naaah sampe si Raffi (anaknya om ku yang masi 1,5 tahun) dia baru mau tidur kalo di kasih HANDUK! Iyaaaa, handuk buat mandi ituuuuu, jadi namanya si RAFFI ANDUK,,,whikikikiki....
  8. Sepupuku yang TK, namanya ARO, dia ini cereweeeeeeeeeeet banget dan spontan! Jadi, pas pagi-pagi hari kedua lebaran, aku masih tidur sama Alsa. Si Alsa ini rambutnya keriting lucu gituuuu, nah Aro kucluk-kucluk dateng, ngebangunin kami berdua dan pas liat rambut Alsa yang acak adut, anak TK berumur 4 tahun itu tereak sekenceng-kencengnya: " Whoooooaaaaah, ada NIDJIHOLIC di siniiiiiii!!! Ayoo bangunnn nidjiholic!" Dan semua orangpun ketawa sampe ga bisa berdiri....:P
  9. Yang terakhir ini bukan absurd sih, tapi mengharukan.... Ibu itu tiap Lebaran, kalo anak cucunya lagi nginep di rumahnya, pasti gak tidur semaleman. Kerjaannya itu ngangetin makanan takutnya ada yang kebangun malem-malem trus kelaperan, trus masak nasi putih, memastikan stok air panas cukup banyak, dan bolak balik nyelimutin anak cucunya, benerin bantal dan guling yang jumpalitan, masuk tiap kamar memastikan kami semua tidur dengan nyaman.... Ibu bilang, momen setahun sekali ini terlalu sayang kalo ditinggal buat tidur.... hiiiiiiks,,,, terharuuuuuuuu........

p.s: pic was taken by me with IMEL Nikon D60
models: Bapak dan Ibu (aku manggil eyang dengan sebutan bapak ibu) yang lagi sungkem itu papahku...

8 komentar:

Kiky Amel mengatakan...

ichaaaa, maaf lahir batin yaaa. Lebaran kamu indah. Sama indahnya dengan lebaranku :D

'IcHa' mengatakan...

sama-sama ameeeeeeeeeeeeeel.... aduuuhhh, ini calon penganten masih onlen ajaaaaaaaaah,,hihihihi....

'IcHa' mengatakan...

sama-sama ameeeeeeeeeeeeeel.... aduuuhhh, ini calon penganten masih onlen ajaaaaaaaaah,,hihihihi....

siska widuri mengatakan...

ichaaa kamu jahat..ga bales sms yang pas di stasiun ituuu.. aku kan nebak2 khawatirrr... aku nangkepnya "papaku pergi". hah?? pergi??? aku langsung mikirnya macem macem. jahaaaaaaaatttttt..... ga baleessss...

mutia mengatakan...

maaf lahir batin ya cha!
waah seru amat ya acara lebarannya sama keluarga besar...
gw mah secara keluarga udah tersebar di seluruh pelosok tanah air, jadi ngumpulnya susah... hehehe

'IcHa' mengatakan...

@cka: gw ituu baca smsnya udah di dalem kereta,, pas itu gw nunjuk ke belakang maksudnya adalaaaah bokap gw ada di belakang si mamaaaaah... Naaah, pas gw balik ke tempat duduk itu gw pikir lo ngeliat dong nyokap bokap gw makanyaaaa gw ga balessss, ma'aaaaaaaaaaaaap!!! hihihihi

@mutia: samaaa samaaa yaaaa,, btw baru sadar postingan gw ga ada minta maapnya,,hohhohoho... ah, semua lebaran pasti berkesan bagi tiap2 orang dengan caranya masing2 kan yaaa, jadi lebaran lo pasti juga sama indahnyaaa...;)

Okit Jr mengatakan...

djeung cha cha cha....
mohon maap lahir batin sodaraaah...!!!

aku mau mamah yang seperti itu...!!!
bungkuskan aku satu, kakakkuuuh....!!!
-nangis sesenggukan, ngusap ngusap mata...-

Anonim mengatakan...

sama2 yaaaaaaaa....

mamah yang seperti ituuu?? yakiiiin? walopun dia adalah the best MOM in the world (buat gw) tapi anda belum tau keabsurd-an nya, saudaraku....:p

--cha--