Jumat, 06 Desember 2013

emilie

Jauh sebelum Aruna lahir, saya dan Roti Srikaya punya soft spot untuk buku anak-anak. Saya pribadi pas jalan-jalan ke Vietnam sebelum nikah itupun udah sengaja beli buku anak-anak, berbahasa Vietnam, for the sake of personal intention. 

Salah satu buku anak-anak yang kayaknya orang tuanya jauh lebih cinta sama ini buku daripada si anak adalah serial buku anak dari penulis Perancis Domitille de Pressense, EMILIE. Selain karena ilustrasinya yang simpel tanpa menghilangkan kesan kanak-kanak, cerita tentang Emilie sangat anak-anak. Universalnya anak-anak, seperti: kehilangan hewan peliharaan, main terlalu jauh dari rumah, kedatangan sepupu atau sedang mengantuk tapi nggak mau mengakui kalau ngantuk yang berakhir pada tantrum (yang terakhir ini Aruna banget!).

Karena sayapun sebagai individu jatuh cinta berat sama Emilie, jadi suka iseng browsing tentang Emilie dan Domitille. Sayangnya, kebanyakan referensi berbahasa Perancis, cuma profil di goodreads ini aja yang bahasanya Inggris. 

Yang menarik lagi, cover buku Emilie berbahasa Indonesia, sama persis dengan salah satu versi Perancisnya. 


Karena suka iseng googling tentang Emilie, saya jadi menemukan posting blog Perancis ini, nggak ngerti bahasanya, nggak ngerti dia nulis apa, but I'm soooo gonna dress my daughter like she did!




Buku anak-anak yang baik, menurut saya, adalah buku dengan cerita yang sederhana tetapi memiliki cita-cita. Cita-cita seperti apa? Ada satu quote dari Rhenald Kasali yang bisa mendeskripsikan jawabannya: cita-cita yang tidak perlu digantung setinggi langit, hanya perlu diletakkan di dekat hati.

4 komentar:

cHeetZ mengatakan...

Aihh..gara2 baca postingan ini aku langsung cari bukunya mbaakkk... Nih baru aja nyampe di tanganku hahahaa...
Btw klo mau cari semua serinya dimana ya?

Anonim mengatakan...

mbak... tadi aku lihat buku emilie ini dijual di depan koperasi perbend... ada 3 buku dari serinya...

eh, cheetz ini citra kah?! kesana aja cit...

cHeetZ mengatakan...

@Mbak Nur : Iyakah mbak? Aku udh beli online yg Emilie dan Arthur. Disana ada yg apa aja mbak? Besok pengen kesana aahh.. Makasiihh...

Ariza mengatakan...

Citra: cari di gramed2 yang banyak sale buku2 lama cit.. pasbar, depan giant2, semanggi, gtu.