Senin, 23 Maret 2009

Soal UTS

Untuk Soal Nomor 1 s.d. 4

Supir Taksi Express(STE): Maaf, Pernah lewat jalan yang tembusnya ke Kantor Pos Cikini Neng?
Aku: Pernah Bang, udah kelewat tapi, kita lewat jalan biasa aja...
STE: Saya dulu pernah lewat situ, tapi udah lama banget...
Aku: Oh... (nada males ngobrol)
--jeda--
STE: Mau nonton di TIM, ape anak TIM, neng?
Aku: Hah?
STE: Iya, anak kampus sana?
Aku: Ngga bang, lagi mau nonton aja. (untuk menyederhanakan pembicaraan. Lebih tepatnya agar abangnya ga nanya2 lagi)
STE: Oh, saya pikir anak sana. Saya mau cerita...
Aku: --sok cuek--
STE: Dulu ada anak IKJ namanya mba Dira... Dia anak Tari... Masuk IKJ gara-gara suka ame anak teater..
Aku: --tertarik, tapi masih sambil cuek--
STE: Padahal diye kuliah Inggris di Ostrali Neng... Apa ye namanye,,
Aku: Sastra Inggris?
STE: Oh Iye,, Sastra Inggris... Keluar dari sekolah itu, trus masuk Tari IKJ... Sayang banget... Mereka akhirnya nikah, tapi beberapa taun, cerai... Mba diranya kasian banget deh Neng...
Aku: --benar2 memperhatikan cerita si abang--
--sampai di depan TIM argo taksi Rp10.500--
STE: 10 ribu aje neng
Aku: Gak lah bang --sambil nyari 5ribuan lagi di dompet--
STE: ah, gak apae2 gopek ini... Biasa saya sama anak kampus sini...
--si Aku turun dari taksi dengan linglung--

Berdasarkan cerita di atas, temukan jawaban dari pertanyaan di bawah ini:
1) Apa hubungan STE dengan Mbak Dira?
2) Apakah STE mempunyai hubungan historis dengan IKJ?
3) Apakah STE menganggap tokoh Aku adalah anak IKJ (anak TIM) mengingat gaya fashionnya malam itu agak-agak nyeni?
4) Siapa sebenarnya STE???

2 komentar:

Damar mengatakan...

1. Kemungkinan, STE itu adalah 'anak IKJ' yg dinikahi Dira.

2. Setiap kali dpt penumpang yg turun di TIM dia selalu menceritakan kisah itu. Semacam refleksi masa lalunya bersama Dira.

3. Iya.

4. Dira kembali ke jalan hidupnya yg normal. Rupanya Dira merasa bahwa keinginannya utk bs terus bersama 'cowok IKJ' itu hanya gairah masa muda semata. Pada akhirnya Dira yg anak orang kaya (secara, kuliahnya di Ostrali...) merasa tidak sanggup klo harus hidup selamanya dg seniman yg penghasilannya gak pasti dan pada akhirnya jd sopir taksi. Mungkin sekarang Dira telah menikah kembali dengan pengusaha expor-impor atau manager bank syariah atau pejabat eselon 2 di Depdagri.....

'IcHa' mengatakan...

Sebulan kemudian nilai keluar:

Mata kuliah: Membaca Pikiran Pembuat Soal
Kode: bestfrnd-01
Nama: Damar Wijanarko
Nilai: A