Kamis, 27 Agustus 2009

Jangan cuma ke Mall!

Melanjutkan posting sebelumnya here are my list bout Cikini. Well, cikini itu salah satu jalan favoritku di Jakarta (selain HOS Cokroaminoto dan seluruh jalan di kawasan Menteng), secuplik kawasan itu penuh dengan tempat-tempat yang menyenangkan, kapan2 dilengkapi pake foto2nya deh ya..., karena Cikini jalan searah, jadi diurutin dari ujung!
  • Cafe Au Lait, the best cafe in town. Ada di deretan kiri jalan, di ruko-ruko art deco, tempatnya kecil, satu lantai, homey, pelayannya santai banget dan ga rese, menganggap kita kaya temen aja. WIFI, makananya enak-enak, kopinya lumayan dan macem-macem, private, tiap malem minggu ada live musicnya. Kadang white shoes, endah n rhesa, dan band2 indie suka manggung di sini. Ini cafe the best bangetlah pokoknya, cocok untuk ngobrol berlama-lama sama sahabat tersayang.
  • Bakoel Koffie, sederet sama Au Lait, ya kopi2 gitu lah, bentuknya sama aja kaya bakoel-bakoel lain di Jakarta ini. Di samping Bakoel ada beberapa cafe lain yang ga terlalu rame, tapi suatu hari pasti aku coba kalo lagi pengen sepi-sepi...
  • Menteng Huis, bangunan mini one stop shopping, di disain buat nunggu macet pas pulang kerja. Ada Gold's Gym di atas, ada HERO, beberapa toko batik, tempat makan, TATOR Cafe (ini dari dulu pengen nyoba, soon akan aku coba!), ada salon yang nyaman, guardian, daaan THE BODY SHOP!
  • Pabrik Roti Tan Ek Tjoan. Roti legendaris di Jakarta, kalo tengah malem gitu, suka banyak abang-abang penjual roti keliling yang hang out di depan tokonya, mungkin mau balikin roti yang ga abis dijual ya... Sederetnya ada toko roti Maisson Benny, ini roti-rotinya enak banget sodara-sodara!
  • Nah, kalo malem, di pinggir jalan setelah bakoel dan sebelum Maisson Benny itu ada Bakmi Roxy yang ennnaaak, ada Sopo Ngiro atau apa gitu yang jual makanan jepang semacam hokben kw2, dan bubur ayam cikini.
  • TIM, dan segala isinya! Let say, Planetarium, perpustakaan, galeri-galeri, Graha Bhakti Budaya, Teater Terbuka, Teater Kecil, IKJ, 21, toko buku nyempil punya Jose Rizal Manua, dan segambreng tempat makan yang suasananya dapet banget! Kalo iseng, sekedar duduk-duduk di depan TIM sambil makan sate padang buatku sudah sangat indah... Abang-abang di depan TIM itu, yang jualan gerobakan hampir tengah malem (karena kalo sore-sore ga boleh), misalnya kita makan sambil ngobrol trus lamaaaa, trus walo udah abis belom dibalikin ke abangnya, padahal jualan si abang udah abis atau dia udah cape dan mau pulang, nih ya catet ya, si abang GAK AKAN MEMINTA piring kita dan menagih pembayaran, dia akan membereskan dagangannya, dan menggelar tikar atau kardus tiduran di samping gerobaknya NUNGGUIN kita! Aku pernah ngalamin, pas belom berpengalaman dulu, hehe, dan kebanyang dong pas udah ngeh kita mau pulang, nyamperin si abang yang udah ketiduran di samping gerobaknya yang udah rapi. hhmmpph... Guilty...
  • Gado-Gado Bonbin, tempatnya di cikini IV masuk gang dikit doang, ada dua warung gado-gado di situ, dan dua-duanya katanya sangat layak coba. (belom nyobain nih, waktu itu sempet kesana, udah nemu tempatnya, nah yang aku dan partner pikir gado2 bonbin yang asli lagi tutup, yang buka yg satunya doang, dan aku dengan pedenya, "Ini pasti tiruannya, A, kita jangan ketipu!", padahal emang dari dulu ada dua......hihihihi)
  • Hotel Formule 1 dan segala isinya, Oh la la Cafe 24 hour, kolam renang yang luaaaaas, Aha Restaurant yang dulunya ada di depan TIM.
  • Kalo malem, di kanan jalan, di ruko sebelum stasiun, ada tempat makan yang ruame banget. Lesehan gitu, tapi ya menurutku itu BIASA aja makanannya, ga enak,,, pernah sekali nyoba dan ga akan balik situ lagi...
  • RM Ampera dua tak, dulu yang ada di bawah rel gondangdia itu looooh... haha, sekarang pindah di Cikini! Makanan sunda, murah, andalannya pepes ayam! Ada di kiri jalan setelah pertigaan Raden Saleh.
  • Soto Ayam Ambengan Surabaya, bagi lidah jawa timuran, soto di situ rasanya pas! Enak banget! Tempatnya di kiri jalan, depan asuransi Jiwasraya (kayaknya)...
  • Stasiun Cikini dan segala isinya (posting sebelumnya)
  • Terakhir, Metropole a.k.a Megaria, dan segala isinya. Dulu pertama ke megaria ini tempatnya kumuh, sekarang sih udah XXI, ada garden cafe nya yang pake minimum payment 20ribu (wtf?), terakhir kesana sih udah ga pake minimum payment, pempek, ayam bakar solo, dan es teler paling enak se jakarta! Tempat solatnya sekarang udah gede, parkiran luas, dan ada Giant-nya...
Paling enak ke Cikini sore-sore, nonton dulu di TIM atau Metropole, baru makan, trus diakhiri nongkrong di salah satu cafenya.... Ini kalau Sabtu., kalau minggu jadwalnya dibalik, makan siang di Au Lait atau Gado2 bonbin, trus sorenya baru nonton, dijamin minggu sorenya happy!

10 komentar:

siska widuri mengatakan...

weeewww.. menunggu ajakan ngabuburitnya then...

'IcHa' mengatakan...

mari mari ,,,...

ahh, tapi dirimu minggu depan jug audah pulang kampung kaannnnn???? huhuhuhu

Wulan Aquariyanti mengatakan...

Nambahin yaa..

Ropita. Warung kaki lima tapi roti bakarnya manteb banget tiada duanya.

*drooling

salam kenal, btw. :)

'IcHa' mengatakan...

hi, salam kenal juga!
Yup kelewatan, ropita sederetan sama bakmi roxi,,roti bakarnya emang TOP :)

mutia mengatakan...

gilee.. apal banget yak.
hehe

karena bokap gw kerjanya deket situ, jadi lumayan sering lewat (doank). lain kali mampir2 ah... btw gw gak nyangka loh Tan Ek Tjoan masih eksis sampe sekarang, itu kan pas jaman gw kecil abang2nya suka lewat depan rumah gw. tapi sekarnag udah nggak lagi... kejauhan kali yee... hehe

Anonim mengatakan...

haha,, iya gw juga ngeri sama kemampuan gw ngapalin cikini, mau bikin sekuelnya, tapi ntar keliatan gw freak lagi,,hihi.

Masiiii Tan Ek Tjoan masi eksis hingga kini, iya skrg abang2 gerobak itu cuma deket cikini aja kali ya jualannya, di depan kantor gw sih masi ada...

-cha-

Anonim mengatakan...

Wow, ulasannya lengkap bgts, mangtabs,.Iy tuh, gado2 bonbin perlu di coba, g sempet2. So, kapan bs d cobanya?

frozenmenye2 mengatakan...

gado-gado bonbin ? aih....ga banget ah cin...gue malah trauma marisa ama gado-gado bonbin...udah nungguinnya luammmmaaa (sumpah ga lebay), rasanya gitu aja...sayurannya anyep..ga segar.
hm...kayanya yang laennya patut dicoba tuh tuh yah.... hehehe

Vio mengatakan...

hoo, pengen nyobaa..

'IcHa' mengatakan...

@anonim: iyaaa,,,... ketauan banget kalo ACIN, Anak Cikini, haha...

@frozen: iya yah say? ga enak ya? tapi aku tetep penasaraaaaaaan...hehehehe

@vio: halo vio, salam kenal. Seangkatan tapi kayaknya dulu malah ga kenal ;). Ayoo dicoba, dicoba, kak...