Jumat, 14 Agustus 2009

Salam Pramuka!

Coba tanya anak-anak SD atau SMP jaman sekarang, sampel 10 orang aja, berapa yang bisa jawab siapa Bapak Pramuka tanpa buka wikipedia? Atau kalau mau ekstrim, tanya dasa dharma pramuka ketujuh, pasti lebih dikit lagi yang bisa jawab.

Aku? Ya gak akan laah bikin postingan pramuka2an gini kalo ga apal dasa dharma, ke tujuh nih Hemat Cermat dan Bersahaja... ke delapan Disiplin Berani dan Setia, sebut deh, aku masi apal, at least apal ya, walo gak semua diamalkan,,hoho.

Well, mungkin banyak yang udah bikin review UP, film yang sangat menyentuh dan indah , salah satu hal yang menjadi concern ku sepanjang film ini adalah Russell dengan baju pramuka lengkap sama badge-badge keahlian (apa ya namanya lupa), yang nemenin si Carl ke Paradise Fall.

Film ini 'mengajak' anak-anak masa kini untuk mengenali pramuka, termasuk kebanggaan punya badge keahlian, yang mungkin sama skali gak ada keren-kerennya di mata mereka, membantu lansia, tidak menyerah, mencintai alam, dan segala keahlian serta teori bertahan di alam terbuka. Anak-anak angkatan 90-an (aku), pasti pas nonton film ini ngerti banget sama usaha Russell yang ngotot mau dapet badge, pasti jadi inget dulu jaman masih SMP ujian-ujian sama senior yang galak-galak, haha.

Buatku, Pramuka pernah jadi kegiatan favorit selama SMP, sejak SD udah ikut sih, tapi pas SMP sampe jadi ketua regu kalo ada lomba atau jambore. Nama Regunya Panglima Malahayati Nomor Gudep 01090, masih apal! Inget banget masa-masa itu, dan keahlian-keahlian pas Pramuka berguna banget buat kehidupan sehari-hari, sampai sekarang! Bedge keahlian dulu yang jadi favoritku itu PENGAMATAN, aku punya yang utama, bentuknya segi lima. Setelah aku pikir emang aku orangnya tipe observer, nah, banyak banget di Pramuka yang dipelajari susah-susah dan baru disadari manfaatnya jauh setelahnya.

Tali temali, semaphore (aku paling ga suka!), lagu-lagu gembira, trus yang dibangunin malem-malem itu, persami, kemah di tepi pantai, penjelajahan, unggun gembira, semuanya sangat berkesan, bahkan sampai sekarang.

Selamat Hari Pramuka!



p.s: aku kayaknya masih apal Hymne Pramuka deh... "Kami Pramuka Indonesia, manusia Pancasila.. Satya ku, ku dharmakan, dharma ku, kubaktikan... Agar Jaya, Indonesia, Indonesia, Tanah airku... Kami jadi pandumu...", hahaha, Freak!

1 komentar:

LophLovingYou mengatakan...

prok..prok..prok..prokprokprok...prokprokprokprok..prok..prok...

widiiiiiiiih, aku pengen deh punya dedek kayak russel :P