Kamis, 23 Oktober 2014

Selagi Bisa dan Selagi Ada

Mengapa jika dihadapkan pada pertanyaan, "Jika kamu punya satu kesempatan untuk mengubah beberapa hal dalam hidup, apa yang akan kamu ubah?", akan berfikir beberapa detik, untuk selanjutnya menjawab bahwa tidak akan ada yang ingin dia ubah karena keputusan-keputusan yang dibuat dahulu kala, membawanya ke hari ini, dan apa yang dia punya hari ini HARUS disyukuri.

Oya?

Di antara lamunan-lamunan saya beberapa menit sebelum jatuh tertidur, antara memilih psikologi atau ekonomi, jika saya punya kesempatan untuk memutar ulang waktu, sepertinya secara natural, pemikiran saya ini anak ekonomi sekali. Menggunakan asumsi-asumsi dalam mencari solusi.

Karenanya, buat saya, jawaban atas pertanyaan apa yang mau kamu ubah itu sama sekali nggak nyambung dengan pertanyaannya. Bagaimanapun, belum ada penemuan terkini tentang cara memutar ulang waktu. Itu fakta. Okay, ini kita berbicara dalam dunia tersendiri. Taruhlah itu asumsi pertama. Asumsi kedua, di dunia itu, kita bisa mengubah let say hanya 3 hal. Asumsi ketiga, faktor-faktor lain dianggap konstan.

Lalu, coba jawab dengan bebas. Keindahan dari asumsi adalah kebebasan.

Seorang teman pernah bertanya, apa impian terliar saya. Di detik itu, buat saya, pertanyaan ini harus dijawab dengan logika yang dibangun di dunia asumsi. Lalu jawaban saya saat itu adalah, hidup melajang. Why not?  Buat saya keliaran mimpi itu adalah karena saya punya pilihan untuk single atau menikah, dan saya memilih menikah. Ada rabbit hole yang tembus ke dunia antah berantah, bahwa seorang saya, tetap melajang. Saya cuma bisa menduga, seperti apa diri saya di sana. Interesting.

Hal-hal yang ingin dubah? Oh, tentu saja banyak.

Teman baik dan pecakapan dipenuhi asumsi dan kenikmatan dari pemikiran yang bebas, buat sebagian orang, adalah cara mensyukuri hidup.





4 komentar:

Wardah Adina mengatakan...

dulu, gw juga berpikir jawaban yg sama kayak pertama.. tapi sekarang ternyata ada yang ingin diubah :3

neni puji mengatakan...

"Jika kamu punya satu kesempatan untuk mengubah beberapa hal dalam hidup, apa yang akan kamu ubah?"


Model rambut jaman SMP :/

'IcHa' mengatakan...

yang pengen diubah:
1. pacaran sama A
2. pacaran sama B
3. pacaran sama C

lha kok isinya pacar semua. Haha.

kriww mengatakan...

Pengen Inggris menang waktu lawan NICA rebutan Hindia Belanda. Jadi kita persemakmuran Inggris gitu kan keren. Trus gw pgn jadi anaknya Ahmad Dhani. Hahaha.